Home » Uncategorized » Sharing Sistem Otomasi yang Menggabungkan Proses Bisnis dengan Instrumentasi dan Peralatan

Sharing Sistem Otomasi yang Menggabungkan Proses Bisnis dengan Instrumentasi dan Peralatan

DSC_0017Rabu, 22 Juli 2015, Program Studi S1 Teknnik Elektro Institut Teknologi Del menerima tamu Dr.-Ing. Parsaulian Siregar, Dosen Senior di Kelompok Keahlian Instrumentasi dan Kontrol-Teknik Fisika-ITB untuk memberikan sharing perihal cikal bakal perusahan-perusahan yang mengintegrasikan keilmian Elektro, Informatika dan Sistem Kendali (Control). Kegiatan sharing dilaksanakan di GD 512 pada pukul 09.00 A.M – 12.00 A.M.

Hadir dalam kuliah umum ini Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Penelitian dan Perencanaan Ketua Program Studi S1 Teknik Informatika, Ketua Program Studi Sistem Informasi, serta kurang lebih 20 Dosen dan Asisten Dosen di IT Del.

Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Penelitian dan Perencanaan,Deni Parlindungan Lumbantoruan,ST,M.Eng dalam sambutannya mengatakan bahwa IT Del tertarik dengan program yang dilakasanakan oleh Lab di Teknik Fisika ITB sehingga mampu menghasilkan perusahan-perusahaan yang dapat memberikan services kepada perusahaan-perusahan besar.

Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Penelitian dan Perencanaan berharap kesuksesan yang diraih oleh Tiga Perusahaan yang bergerak dibidang Elekro/Informatika dan Kontrol dapat juga ditularkan kepada civitas IT Del. Dan, hal ini tentu akan lebih mudah karena di IT Del saat ini sudah ada Program Studi S1 yang baru, yakni Teknik Elektro yang lebih memfokuskan diri nantinya dalam penguasaan teknologi tepat guna di daerah rural. Juga, menurut Ketua Program Studi S1 Teknik Elektro, Albert Sagala,ST,MT, hal ini tentu akan menjadi salah satu warna tersendiri dari lulusan S1 Teknik Elektro kedepannya. Pada tanggal 14 July 2015 lalu, Albert Sagala telah mengunjungi Tiga Workshop yang ada di Bandung, dengan dibimbing oleh Pak Parsaulian Siregar dan Bapak Merthayasa, Direktur Politeknik Informatika Del pada tahun 2001-2002.

Usai sambutan dari Wakil Rektor Bidang Kemitraan, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Dr.-Ing. Parsaulian Siregar. Penyampaian materi ini dipanduoleh Albert Sagala,ST,MT yang merupakan Ketua Program Studi Teknik Elektro.

Parsaulian Siregar, dalam paparanya menyampaikan perihal empat Fase yang dilalui untuk menumbuhkan perusahaan mandiri yang mampu bersaing di persaingan global. Dimana saat ini Indonesia sedang menghadapi tantangan besar dalam menjaga kemandirian tersebut. Saat ini service masih banyak diambil alih oleh vendor besar. Namun, success story telah menunjukkan bahwa pekerjaan-pekerjaan besar juga dapat dihasilkan oleh anak-anak muda yang bersemangat melalui kegiatan workshop di garasi rumah. Tiga perusahaan yang tumbuh dan berkembang di Kota Bandung dan Jakarta, yang telah melewati fase I, magang di Lab ITB, merupakan suatu sukses yang patut di ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Parsaulian Siregar menguraikan bahwa ada 4 fase yang dilakukan di manajemen perusahaanya, yakni (1) Fase Magang Mahasiswa di Lab, (2) Fasa Magang Lulusan Baru, (3) Fasa Usaha Mandiri Profesional, dan (4) Fasa Profesional dan Mandiri. Pada paparan, Parsaulian Siregar berhadap ada calon-calon dari IT Del yang dapat mengikuti fase tersebut di Bandung, untuk diarahkan menjadi champion baru di area Sumatra nantinya.

Parsaulian Siregar juga mengatakan bahwa untuk mendukung IT Del, Tim Pak Saul akan menyediakan labor sebagai lahan untuk praktek bagi Dosen dan Asisten Dosen IT Del. Karena saat ini sangat susah ditemukan industri-industri yang mau menerima Dosen untuk melalui 4 fase di atas sehingga mampu menjadi champion.

Usai penyampaian materi, moderator memandu sesi tanya jawab. Seluruh peserta termasuk para dosen yang hadir ikut serta mengajukan pertanyaan terkait materi yang disampaikan. (abs)abs-bdgKunjungan_Pak Saul

 


Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>